komunikasi dgn emosi [part 2] obrolan yg NYAMBUNG


Apa yg agan rasakan bila agan bercerita, 
tapi lawan bicara cuek, gak merespon ?

Tentu saja komunikasi menjadi kaku, bahkan mungkin agan merasa tersinggung, krn dia gak menghargai (APPRECIATE) agan. Kalo agan pengen dihargai orang, tentu saja agan harus menghargai orang lain juga.

Saat ngobrol sm wanita, agan harus bisa APPRECIATE apa yg dia ceritakan, appreciate her effort, menghargai apa yg dia lakukan dlm cerita itu.

Ini salah 1 obrolan ane (yg masih ane ingat) dgn seorang mahasiswi :
Ane : ntar lulus kuliah kamu pengen kerja atao langsung nikah ?
Dia : aku pengen cepet kerjo…aku pengen nyenengno ibu ku karo bapak ku.. trus aku pengen ngasuh anak2 panti
Ane : anak2 panti ? panti jomblo ?
Dia : hahaha… panti asuhan…hah… piye to ? yo… kelak klo aku punya uang banyak.. aku pengen menghidupi mereka... hah... angan terlalu tinggi
Ane : angan terlalu tinggi kalo kita punya niat yg tulus… pasti tercapai 
[disini ane ”apreciate” impian dia utk punya panti]
Ane : kita gak tau gimana cara Tuhan membantu kita mencapai angan2 itu
Kemudian dia mengangguk, menatap mata ane, tersenyum, trus ngobrol lagi.


Ane hargai cita2 nya pengen punya panti asuhan & dia membalas dngn senyuman. Jdi… kalo agan menghargai cerita wanita, dia akan senang, merasa dpt SUPPORT & pasti dia akan menghargai agan juga.

Banyak teman wanita yg mengaku kalo suka sm pria yg NYAMBUNG & enak diajak ngobrol. Menjadi pria yg NYAMBUNG bukan berarti sok tau, bukan berarti agan harus pintar & tau segalanya. Menjadi pria yg nyambung artinya menghubungkan (RELATE) cerita nya dngn pengalaman pribadi agan.

Ini obrolan APPRECIATE + RELATE masih dgn wanita yg ane ceritakan diatas. Setelah ane hargai cita2nya punya panti asuhan, kita ngobrol bla…bla…bla… trus dia cerita tentang hobinya pelihara binatang & cerita obsesinya punya kebun binatang.

Ane : menurut ku… org yg cinta binatang tuh… punya kasih sayang yg luar biasa.. gak hanya manusia aja yg diperhatiin... btw.. org bule mendidik anaknya utk mencintai binatang.. agar tumbuh kasih sayang di hatinya... agar anak itu ntar jadi pribadi yg baik
Dia : ooo… gitu ya… tapi orang tua ku gak begitu... bla…bla…bla… [dia malah curhat]

Terus terang ane memang bukan pecinta binatang & gak punya pengalaman pelihara binatang, tapi ane RELATE cerita dia dngn artikel yg pernah ane baca tentang "man best friend".

Nah… saat agan ngobrol sm wanita, cobalah utk APPRECIATE + RELATE biar tumbuh EMOTIONAL CONNECTION diantara kalian.

Good luck bro..

Posting Komentar

0 Komentar